Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ngudi Sejahtera desa Ngunut kecamatan Ngunut-Tulungagung mengembangkan desa wisata edukasi berbasis industri sebagai unit usaha sekaligus kesatuan digitalisasi market home industri (pasar industri rumahan).

Seperti yang di sampaikan oleh Joko Ibrahim Direktur BUMDes Ngudi Sejahtera, bahwa desa wisata industri merupakan inisiasi dari pemerintah desa Ngunut melalui BUMDes untuk mendirikan unit usaha berbasis potensi produk lokal. “Salah satunya desa wisata home industri, home industri ini kita olah, kita kreatifitas menjadi sebuah destinasi-destinasi tujuan edukatif bagi para pelajar ataupun peminat khusus,” jelasnya. “Agar menjadi sebuah wawasan pengetahuan, faktor penulis, faktor ilmuwan sehingga menginspirasi banyak orang, banyak siswa,” imbuhnya.

Sementara itu, potensi produk lokal yang dimaksud adalah kategori alat-alat rumah tangga, alat-alat tentara, alat perlogaman, alat kebersihan, dan konstruksi-konstruksi

Joko berharap dengan adanya ujit usaha yang dikelola BUMDes Ngudi Sejahtera sebagai operator unit usaha wisata industri akan memberikan dampak yang baik. “Terutama dampak pemberdayaan ekonomi desa Ngunut,” ucapnya.

Sebagai informasi pada hari Kamis (16/2/2023) ada kunjungan wisata industri dari SMKN Tulangan Sidoarjo sebanyak 286 siswa.

Senada dengan Joko, kepala desa Ngunut Abdullah berharap dengan situasi saat ini yang sudah normal kembali pemdes bersama BUMDes bisa menumbuh kembangkan perekonomian di masyarakat. “Tentunya Pemdes dan BUMDes dengan potensi lokal yang ada dan ciri khas desa Ngunut sebagai desa indurtri akan kita kembangkan untuk kemajuan perekonomian masyarakat,” pungkas Kades.(Ar)

By bumdes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *